Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Garam untuk Kulit Gatal Apa Sajakah?

Selain menjadi elemen penting saat memasak, ternyata garam juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kulit gatal. Masalah kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Lalu, apa sajakah manfaat garam bagi kulit gatal? Berikut ulasannya.

Sebagai Antibakteri Meredakan Gatal pada Kulit Selangkangan

Kondisi keringat berlebih dan pakaian ketat dapat menyebabkan selangkangan Anda mudah menghitam dan mengalami gatal. Hal tersebut disebabkan adanya bakteri yang menumpuk pada area tersebut. Nah, ternyata garam bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah gatal di selangkangan. 

garam

Garam memiliki sifat anti bakteri yang ampuh untuk menghidrasi kulit selangkangan yang bermasalah. Garam juga digunakan untuk membuat kulit selangkangan pulih dengan cepat akibat iritasi. Caranya dengan membuat larutan garam, kemudian mengoleskannya pada selangkangan memakai kain bersih.

Menyembuhkan Ruam Kulit

Garam yang mengandung magnesium sulfat tinggi dapat mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit atau biasa dikenal ruam kulit. Caranya yaitu campurkan garam pada satu cangkir air hangat, kemudian biarkan dingin sampai garam terlarut.

Masukkan larutan garam tersebut pada freezer agar membeku. Setelah membeku, gosokkan es batu tersebut pada bagian yang mengalami ruam selama 30 menit secara rutin setiap harinya.

Sebagai Anti-Inflamasi Pada Infeksi Kulit

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit Anda mudah terinfeksi, mulai dari bakteri dan jamur, polusi debu, bekas luka, makanan serta gaya hidup yang kurang tepat. Garam memiliki sifat Anti-Inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit infeksi.

Gejala infeksi biasanya akan menyebabkan kulit sangat gatal bahkan memar. Cara aplikasinya dengan mencampurkan 2 sdt garam pada pada air hangat. Tunggu garam larut, kemudian siapkan kain bersih dan celupkan pada larutan garam. Aplikasikan pada kulit yang terinfeksi selama 30 menit tiap harinya. 

Antibakteri Mengobati Kulit Gatal Akibat Jamur

Garam yang bersifat Anti-Bakteri dapat menyingkirkan jamur kulit secara permanen. Caranya dengan mencampur baking soda dan garam pada air mandi. Kemudian, siramkan air tersebut ke seluruh tubuh secara rutin tiap harinya. Kemudian, Anda bisa melihat perubahannya selama beberapa waktu.

Meredakan Gatal pada Area Miss V

Area Miss V sangat sensitif mengalami masalah kulit akibat kelembapan yang tidak sesuai. Hal tersebut akan menyebabkan rasa gatal hingga iritasi. Garam diyakini memiliki kandungan zat efektif dalam mengatasi mikroorganisme penyebab gatal tersebut.

Selain terdiri atas klorin dan natrium, Garam juga mengandung magnesium sulfat yang dapat membantu mengatasi perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab gatal. Tapi, ada baiknya gunakan dengan jumlah yang sedikit dulu karena tidak semua area kulit tersebut cocok dengan air garam.

Meredakan Penyakit Eksim/Peradangan Kulit

Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kulit merah. Jika dibiarkan, penyakit tersebut akan semakin parah bahkan sampai mengeluarkan cairan sehingga kulit terasa perih. Menurut National Eczema Foundation, larutan garam dapat menyembuhkan eksim serta iritasi kulit.

Dengan menggunakan garam mandi magnesium, penyembuhan kulit gatal akibat eksim akan lebih cepat. Sebaiknya, gunakan garam epsom untuk berendam saat mandi dengan rutin setiap harinya.

Garam Sebagai Antiketombe Pada Kulit Kepala Gatal

Manfaat garam yang belum banyak diketahui orang yaitu mampu mengatasi gatal pada kulit kepala akibat ketombe. Agar mendapatkan khasiatnnya, caranya dengan tabur garam pada kulit kepala yang gatal kemudian pijat dengan lembut. Berikan tekanan pada bagian yang gatal menggunakan jari tangan.

Lakukan metode tersebut selama 10-15 menit kemudian diamkan sejenak agar khasiat garam dapat menyerap sempurna pada kulit kepala. Setelah dirasa cukup, segera keramas untuk bersihkan kulit kepala.

Posting Komentar untuk "Manfaat Garam untuk Kulit Gatal Apa Sajakah?"