Wisata pantai adalah jenis hiburan yang disukai banyak orang. Pantai dengan pasir putih, debur ombak, dan airnya yang biru memang selalu bisa membuat pikiran segar kembali. Namun pantai pun bisa mendatangkan bahaya. Misalnya saja bahaya terseret ombak saat cuaca buruk.

Kenyataannya, tak semua pantai aman dikunjungi. Bahkan pantai yang populer sekalipun kerap disertai peringatan agar wisatawan terhindar dari bahaya.

Baru-baru ini situs perjalanan The Travel merilis daftar pantai paling berbahaya untuk dikunjungi di Asia Tenggara. Sejumlah pantai yang populer di Thailand dan Indonesia pun ikut masuk karena berbagai alasan.

1. Pantai Sidapan, Malaysia

Pantai Sidapan di Sabah, disebut-sebut sebagai pantai paling rawan di Malaysia. Di luar panorama pantai, pemandangan umum di pantai ini adalah rombongan polisi Malaysia yang berpatroli. Itu karena pantai tersebut kerap jadi lokasi penculikan. Saking seringnya, ada banyak negara yang mengeluarkan travel warning ke pantai yang satu ini.

2. Pantai Andaman, Pulau Sentinel Utara, India

Nama Pantai Andaman di Pulau Sentinel mungkin belum terlalu populer bagi para traveler. Meski berada di kawasan Asia Tenggara, Pulau Sentinel merupakan bagian dari India. Pantai ini sebenarnya cukup indah, tapi namanya kalah oleh sederet laporan kehilangan yang melibatkan suku setempat.

Salah satu yang cukup populer adalah kabar tentang hilangnya turis Amerika Serikat berumur 27 tahun, setelah berupaya menjalin kontak dengan suku di Pantai Andaman. Para penduduk di Kepulauan Andaman memang terkenal sebagai suku yang sengaja menutup diri dari dunia luar. Penduduk di sana selalu siap sedia dengan busur panah begitu ada kapal yang mendekat ke garis pantai.

3. Pantai Koh Rong, Kamboja

Soal bahaya, nama Pantai Koh Rong di Kamboja sudah dikenal luas akan sejarah kekerasan seperti diberitakan media Khmer Times. Tak sedikit turis asing yang diserang oleh penduduk setempat saat liburan di pantai ini.

Yang terakhir, seorang mayat backpacker Inggris yang hilang ditemukan di pantai tersebut pada Oktober 2019 lalu. Penyelidikan tentang penyebabnya meninggal pun masih terus bergulir.

4. Pantai Jomtien, Thailand

Menurut ulasan dari situs TripAdvisor, Pantai Jomtien disebut layaknya pantai mati. Rumor mengatakan, pantai yang satu ini dikutuk dan dilanda nasib buruk. Buktinya, beberapa bulan yang lalu mayat seorang wanita tunawisma ditemukan tak bernyawa di pantai itu. Malah ada juga turis Inggris yang tak sengaja jatuh dari kondominiumnya ke pantai. Belum lagi ada lusinan kura-kura mati yang hanyut misterius ke pantai.

5. Pantai Muara, Brunei Darussalam

Pantai berbahaya lainnya adalah Pantai Muara di Brunei Darussalam. Pantai yang dikenal indah ini sempat mengalami sejumlah kecelakaan beruntun yang merenggut korban jiwa. Selain itu ada sejumlah kasus turis tenggelam hingga kecelakaan kapal di pantai ini. Meski begitu, pantai ini ternyata cukup populer di kalangan wisatawan.

6. Pantai Tungku, Brunei Darussalam

Masih dari Brunei Darussalam, ada Pantai Tungku yang juga masuk daftar pantai paling berbahaya. Situasinya mirip dengan Kuta, isu sampah membuat pantai ini hanya mendapat rating 3/5 di TripAdvisor.

7. Pantai Koh Tao, Thailand

Pantai Koh Tao di Thailand dijuluki The Travel sebagai pulau kematian karena satu dan lain hal. Setidaknya, tercatat, ada 11 insiden mengerikan berujung kematian yang menimpa turis di sana. Kabarnya, tak sedikit penjahat yang mengincar para backpacker dan pasangan wisatawan yang liburan ke pantai tersebut.

8. Koh Samui, Thailand

Masih dari Thailand, ada Koh Samui yang juga disebut berbahaya. Mirip dengan di Koh Tao, Koh Samui juga punya catatan kriminal yang berujung kematian turis. Demi keamanan, turis pun dianjurkan datang ke pantai ini secara berkelompok demi keamanan mereka. Cuaca di pantai ini yang tak ramah juga kerap menimbulkan masalah, di luar dari kasus kriminalitas yang sering terjadi di pantai ini.

9. Pantai Ha Tinh, Vietnam
Di urutan terakhir, ada Pantai Ha Tinh di Vietnam. Setelah bencana alam pada 2016, tak sedikit warga yang masih menganggur dan mempengaruhi bisnis lokal.Kondisi tersebut kian diperburuk dengan ancaman polusi. Selain itu, sekitar 2 ton ikan mati terdampar di pantai ini selama 2019 silam.

Demikian penjelasan singkat mengenai daftar pantai paling berbahaya untuk dikunjungi di Asia Tenggara.