Pabrikan smartphone realme sepertinya tak henti-hentinya menawarkan produk berkualitasnya ke pasar Indonesia. Setelah menghadirkan realme 5i ke masyarakat, kali ini vendor yang terkenal dengan slogan 'Dare to Leap' ini menghadirkan realme C3 yang dibungkus dengan berbagai kejutan.

Walaupun masuk ke dalam segmen pemula, realme C3 ternyata tidak membawa fitur murahan. Malahan, ponsel ini membawa beragam fitur yang dirangkum ke dalam 4C: Prosesor Canggih, Kamera Cakep, Baterai Cadas, Layar Cetar. Penasaran? Mari simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Untuk seri kali ini, realme mengadopsi desain matahari terbit yang indah. Hal itu membuat bodi belakang realme C3 terlihat berbeda dari seri-seri sebelumnya. Warna di ponsel terlihat lebih indah dengan alur-alur yang menimbulkan kesan indah sekaligus solid.

Saat terkena cahaya, bodi belakang realme C3 menampilkan gradasi warna unik. Untuk hal ini, realme menuturkan bahwa pola ini terinspirasi dari optimisme dan kekuatan sinar matahari terbit dan mewakili kemungkinan tanpa batas.

Bodi ponsel realme C3 juga sudah didesain khusus untuk tahan percikan air. Pasalnya, bodinya sudah dilapisi oleh penutup plastik dan penyegelan port. Alhasil, realme C3 dapat dibawa secara nyaman untuk bepergian.

Secara dimensi, realme C3 juga terasa kompak begitu digenggam. Dengan ketebalan 8,95 mm dan bobot 195 gram, realme C3 terasa nyaman ketika dimasukkan saku atau digenggam secara langsung dengan tangan.

Bicara soal layar, realme C3 menggunakan layar IPS LCD 6,5 inci yang menjamin kenyamanan saat pengguna menonton video dan bermain game. Layarnya juga memiliki notch kecil yang terletak di atas layar yang berguna untuk dudukan kamera depan.

Dengan rasio layar yang mencapai 89,8 persen, bezel realme C3 seperti tidak terlihat. Alhasil, bodi depan realme C3 terkesan cetar seperti tidak memiliki batas. Hal itu tentu akan menguntungkan bagi pengguna yang doyan menonton video.

Performa

Bisa dibilang, realme C3 adalah ponsel yang canggih. Pasalnya, realme C3 adalah ponsel pertama yang menggunakan chipset Helio G70 pertama di Indonesia. Helio G70 dibangun dengan teknologi 12 nm dengan 8 inti prosesor.

Untuk mendampingi prosesor yang sudah gahar, realme C3 dibekali RAM 3GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 32GB. Untuk memperluas storage, realme C3 menyediakan slot ekspansi yang bisa ditambahkan kartu microSD hingga kapasitas 256GB.

Soal gaming, realme C3 sudah memiliki ARM Mali-G52 untuk pengolahan grafis terbaik. Tambahan lainnya adalah MediaTek Gaming Technology yang bermanfaat untuk memaksimalkan latensi jaringan agar aktivitas gaming tidak mudah lag.

Untuk membuktikan keandalan realme C3, kami pun memasang game PUBG Mobile. Selama permainan, game dapat berjalan di pengaturan rata kanan. Tidak terasa lag selama permainan berlangsung.

Untuk koneksi kecepatan tinggi, ponsel ini memiliki Wi-Fi ganda, yang memungkinkan ponsel untuk beralih dengan mulus ke band optimal yang menyediakan koneksi lebih cepat. realme C3 turut mendukung Call dan Data Concurrency, yang berarti bahwa pengguna dapat melakukan panggilan dan mengirim data secara bersamaan.

Kamera

Berbeda dengan C3 versi India, realme C3 versi Indonesia dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan besar f/1.8 dan area single-pixel 1,25μm yang dapat menyerap cahaya secara baik.

Kamera keduanya yang memiliki ukuran 2 MP berfungsi untuk menangkap foto portrait. Sementara kamera ketiga 2 MP berfungsi untuk menangkap objek secara dekat dengan jarak 4cm.

Fitur lainnya adalah Chroma Boost yang dapat mempertajam gambar, meningkatkan dynamic range dan mengoptimalkan hasil tangkapan. Ada juga pengaturan professional (Expert), Panorama, Slo-Mo dan Time-Lapse.

Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 5 MP yang sudah dibekali dengan Panoselfie, bokeh, filter dan efek beauty yang sudah diperkuat teknologi AI. Hasil pengambilan foto dari kamera depan ini cakep, AI beauty yang ada tidak terlalu berlebihan.

Bagaimana dengan hasil foto kamera belakang? Ketiga kamera realme C3 dapat menangkap foto secara baik di kondisi terang. Namun untuk kondisi rendah cahaya, foto yang dihasilkan tampak sedikit buram dan ini kami maklum.

Baterai

Performa realme C3 juga tidak lepas dari dukungan baterai cadas berkapasitas besar 5000 mAh. Lewat sistem manajemen power yang baik di perangkat ini, baterai non-removable di perangkat ini bisa menyediakan waktu standby lebih dari 2 hari.

Nilai tambah lainnya dari baterai cadas ini, realme C3 juga dibekali fitur reverse charging. Artinya, baterai di perangkat ini bisa dimanfaatkan layaknya powerbank untuk mengisi baterai perangkat lain via kabel adapter khusus. Kemampuan ini tidak lepas dari adanya fungsi USB OTG.

Untuk software, realme C3 sudah dipercantik dengan realme UI yang efisien. UI ini didesain berbasis Android 10. Dengan realme UI, tampilan realme C3 tampak lebih fresh sekaligus cantik ketika digunakan.
Dengan realme UI, opsi Dark Mode menjadi lebih mudah digunakan. Dengan Dark Mode, pengguna bisa menggunakan realme C3 secara nyaman di tengah kondisi gelap.

Yang menarik adalah realme UI juga lebih mudah untuk proses personalisasi. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon. Dalam hal animasi sistem, realme UI dilengkapi dengan mesin animasi kuantum terbaru, yang meningkatkan kelancaran layar.

Kesimpulan

Sudah sah rasanya jika, realme C3 dinobatkan sebagai raja ponsel di kelas pemula. Hal ini karena ponsel ini tidak hanya sekadar mengandalkan harga jual yang terjangkau, namun juga beragam fitur unggulan yang bermanfaat.

Keberadaan prosesor Helio G70, baterai besar, tiga buah kamera di belakang, layar luas 6.5 inci dan realme UI yang ciamik, membuat realme C3 seolah menciptakan standar baru untuk smartphone di kelas pemula.