Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra resmi diperkenalkan bulan Februari 2020 di San Francisco, Amerika Serikat. Trio ponsel ini akan mengisi lini flagship smartphone bikinan raksasa teknologi asal Korea Selatan itu. Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra diungkap bersamaan dengan Galaxy Buds+ dan Galaxy Z Flip. Khusus untuk S20 Plus dan S20 Ultra, Samsung mengusung komposisi kamera baru. Galaxy S20 memiliki tiga kamera, sedangkan Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra memiliki empat kamera.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S20 Series

Untuk spesifikasi Galaxy S20 Plus hampir sama dengan varian regulernya. Namun tambahannya adalah kamera 3D ToF dibagian belakang, baterai 4.500mAh, dan dimensi layar yang lebih lebar yaitu 6,7 inci. Sedangkan pada varian tertingginya, Samsung Galaxy S20 Ultra membawa berbagai peningkatan antara lain layar 6,9 inci, memori internal 512GB, daya baterai 5.000mAh.

Trio Samsung Galaxy S20 Series punya banyak hal baru untuk ditawarkan. Berikut 5 fakta menarik Galaxy S20 Series:

Pakai Nama S20

Lazimnya penerus Galaxy S10 menggunakan nama Galaxy S11 di seri flagship terbaru Samsung ini. Namun, Samsun lebih memilih seri S20. Galaxy S20 ingin dijadikan Samsung sebagai tonggak awal dekade baru. Smartphone ini menandai 10 tahun inovasi semenjak ponsel smartphone Galaxy pertama dirilis pada Maret 2010. Loncatan teknologi di Samsung Galaxy S20 itu bukan sekadar mengambil perbandingan dari Galaxy S10 sebelumnya, namun juga standar industri smartphone saat ini.

Kamera Canggih

Khusus untuk S20 Plus dan S20 Ultra, Samsung mengusung komposisi kamera baru. Galaxy S20 memiliki tiga kamera, sedangkan Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra memiliki empat kamera. Spesifikasi kamera antara Galaxy S20 reguler dan Galaxy S20 Plus hampir serupa, yakni ultrawide 12 megapiksel, wide-angle 12 megapiksel, dan telefoto 64 megapiksel.
Kamera Galaxy S20 ultra memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, yakni ultrawide 12 megapiksel, wide-angle 108 megapiksel, dan telefoto 48 megapiksel. Galaxy S20 Ultra memiliki fitur Super Resolution Zoom yang bisa memperbesar obyek hingga 100x. Sementara Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus bisa memperbesar obyek sampai 30x.

Fitur Baru

Fitur yang paling menonjol adalah Single Take. Fitur ini terbilang baru untuk kamera smartphone Samsung. Fitur ini penting supaya pengguna tidak terlewat momen yang terjadi secara cepat atau spontan.

Untuk memakai fitur ini, pengguna tinggal pencet tombol shutter untuk memulai dan setelahnya akan ada beberapa opsi pilihan foto dan video. Gaya video bisa berupa potongan video, tangkapan gambar hingga loop video ala Boomerang Instagram.

Selain itu, fitur perekaman video juga didukung perekaman 8K. Fitur ini memungkinkan perekaman resolusi ultratinggi (UHD) yang jelas lebih tajam dari resolusi 4K. Fitur lain yang dibawa adalah pro video. Fitur ini pernah ada di flagship terdahulu Samsung namun di beberapa seri belakangan mulai hilang.

Refresh Rate Tinggi

Di luar fitur kamera, Samsung Galaxy S20 Series mendukung refresh rate 120hz yang terbilang sangat tinggi setara smartphone gaming. Dengan refresh rate setinggi itu, Galaxy S20 Series tentu dapat dengan lancar memainkan game dengan resolusi tinggi.
Tak Ada 5G di Indonesia

Ketiga ponsel tersebut memiliki kemampuan jaringan generasi kelima alias 5G. Namun, Samsung Indonesia memastikan bahwa perangkat Galaxy S20 yang akan dibawa ke Tanah Air, tidak berkemampuan 5G.

Samsung beralasan infrastruktur 5G di Indonesia masih belum siap. Meskipun Samsung Galaxy S20 telah didukun kemampuan 5G, namun tak ada gunanya jika negara yang dituju belum siap secara infrastruktur.