Reza Rahadian, Raisa, Isyana, Chelsea Islan, Vanesha Prescilla adalah sejumlah nama selebriti papan atas Tanah Air yang sempat didapuk menjadi brand ambassador smartphone OPPO. Terlepas dari strategi promosi lewat brand ambassador, namun OPPO terus berinovasi dari sejak 'lahir' hingga tumbuh dan berkembang sampai saat ini.

OPPO tak main-main untuk menjelajah ke seluruh dunia. Pada 2001, perusahan induk yang memayungi brand OPPO sudah dibentuk. Dengan segala persiapan yang matang untuk memenuhi kebutuhan pasar di seluruh dunia, OPPO akhirnya diluncurkan pertama kali di negara kelahirannya di China pada 2004.

Menyusul Myanmar, Filipina, Malaysia, Vietnam, Indonesia, Thailand, India, dan masih banyak puluhan negara lain yang menjadi akar perkembangan OPPO. Masuk ke Indonesia pada 2013, OPPO ternyata berhasil 'beradaptasi' dengan selera pasar masyarakat di Tanah Air khususnya karena menghadirkan teknologi yang paling banyak diincar para penggunanya.

Apalagi kalau bukan kamera dan OPPO terus berinovasi dengan mengedepankan teknologi kameranya. Keberhasilan OPPO meyakinkan pasar bahwa produknya memiliki fungsi fotografi yang unggul, ternyata mendapat pengakuan dari para penggunanya.

1. 2008-2010

Pada 2008, OPPO menghadirkan OPPO A103 yang merupakan salah satu ponsel ikonik karena ada di bagian punggung menyerupai smiley face. OPPO A103 punya kemampuan cukup baik dalam mengambil foto dan merekam video dibanding pesaing di kelasnya. Di tahun pertamanya ini, OPPO A103 hadir dengan resolusi kamera 1,3 MP dengan 1280 x 1024 pixels

Sukses dengan penjualan di pasar dengan OPPO A103, pada 2009 lahirlah OPPO T9 dengan kamera 2MP (1600 x 1200 pixels). Lalu di tahun yang sama OPPO kembali merilis tipe terbaru, yaitu OPPO P51 dengan kamera 5MP yang dibekali sejumlah fitur auto focus, face detection, image stabilization, red eye reduction.

Ditambah 8X digital zoom serta real shot, dan kecanggihan efek lomo. Kemudian pada 2010, OPPO U529 menghadirkan ponsel flip pertama. Selain bentuknya yang ikonik, ponsel ini menawarkan kamera 5MP (2592 x 1944 pixels).

2. 2011-2013

OPPO berkembang mengikuti perkembangan teknologi, pada 2011 produk ponsel asal Tiongkok ini memperkenalkan OPPO X903 dengan kamera 8MP yang mendukung pengambilan gambar video HD720p. Pada 2012 OPPO merilis U701 dan U2 dengan menawarkan kemampuan memotret selfie yang hasilnya dapat dipercantik, sebelum diunggah di sosial media.

Lalu pada 2013, OPPO menjadi satu-satunya smartphone inovatif karena memiliki fitur rotasi kamera dan pure image technology pada produk OPPO N1. Kamera utama OPPO N1 13 MP dan kehadiran pure image technology ini mampu menghasilkan auto white balance (AWB) yang lebih alami dan keseimbangan warna lebih nyata karena autofocus dan auto exposure otomatis. Menyusul OPPO N1 Mini dengan kamera yang bisa mengatur kecepatan rana manual serta memiliki mode pemotretan beruntun.

Juga melahirkan R series dengan R1 yang dilengkapi dengan kamera utama Sony IMX 179 aperture f/2.0 serta memiliki lima lapisan kamera, dan bagian depan kamera 5MP yang dibantu dengan adanya fitur beauty.

3. 2014-2016

Find 7 menjadi salah satu milestone OPPO dalam pengembangan smartphone di era digital. Seri Find7 hadir pada 2014 dengan menggunakan sensor kamera kamera IMX214 generasi kedua dari Sony yang menghasilkan foto dengan kualitas dan detail tinggi. Find 7 mampu merekam video 4K mencapai 30 fps, slow motion 720p mencapai 120 fps, super zoom, dan masih banyak lagi.

Lalu pada 2015, seri R7 dan R7 Plus melenggang di Indonesia dengan desain mewah dan keduanya dilengkapi kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP, serta ada teknologi laser untuk keperluan autofocus. R7 menjadi ponsel pertama dengan fitur PDAF dan menjanjikan kecepatan 0,1 detik.

Kemudian R9 menawarkan fitur Dual PDAF dihadirkan pada sensor IMX398. Fitur ini memungkinkan sensor dapat menggandakan kemampuan pemfokusan dari masing-masing piksel yang mengakibatkan peningkatan kecepatan akurasi fokus hingga 40 persen dan mengurangi risiko pemotretan dengan hasil buram.

4. 2017-2019

Pada 2017, OPPO hadir memperkenalkan inovasi terbarunya untuk smartphone berbodi tipis dengan teknologi 5x lossless zoom yang mengkombinasikan zoom berbasis periskop, kamera ganda, dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi.

Di tahun yang sama fitur beauty selfie pada OPPO R11 beresolusi 20MP diluncurkan dengan mengedepankan lensa wide-angle pada kamera depan. Sementara bagian belakang dikombinasikan dengan kamera wide-angle 16MP.

Menyusul smartphone high-end, Find X yang menghasilkan hasil selfie cantik dan potrait tiga dimensi karena adanya teknologi inovatif yaitu 3D Structured Light yang diluncurkan pada 2018. Di tahun yang sama, OPPO R17 Pro dengan kamera utama 12MP (aperture ganda f/1.5 dan f/2.4), dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Ditambah adanya fitur Ultra Night Mode yang menghasilkan foto yang terang dan tajam, meski minim cahaya atau di kondisi malam hari.

Tiga tahun kemudian atau pada 2019, OPPO memperkenalkan teknologi 10x lossless zoom yang mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama jernih. Adanya lensa telephoto pun menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dengan jarak yang lebih jauh dan sudut lebar dalam satu smartphone.

Teknologi itu pun disematkan pada OPPO Reno10x Zoom, mulai dari zoom 1 kali, 2 kali, 6 kali, dan 10 kali dengan hasil foto kualitas yang cukup tajam. Pada bagian depan, kamera 16MP dengan bukaan F/2.0, sedangkan bagian belakangnya menggunakan 48MP+13MP telephoto + 8MP wide angle.

5. 2020

Dan ini adalah salah satu produk OPPO dengan resolusi terbaik. Adalah OPPO Reno3 yang mengusung quad camera dengan kamera utama '108' MP. Itu karena ada empat kamera belakang yang tersusun vertikal dengan beragam fungsi, yaitu ultra wide angle, kamera utama ultra clear, dan kamera telephoto dan kamera mono.

Oppo Reno3
Dengan sensor 48MP ini dan memanfaatkan fitur Ultra Clear 108MP Image, OPPO Reno3 mampu menghasilkan besaran file antara 20-25 MB, dengan resolusi 9024 x 12032. Ya, dengan mengaktifkan fitur XHD pengambilan gambar nantinya akan disesuaikan pada setiap layer hingga ke satuan terkecil sub pixel.

Hal inilah yang kemudian membuat OPPO Reno3 dapat mengoreksi warna, ketajaman, serta mengurangi noise, sampai menyesuaikan dynamic range. Sehingga gambar yang dihasilkan tak hanya memiliki ukuran besar, kaya warna, tajam, tapi sekaligus menjaga detail.

Nah setelah mengetahui fitur yang luar biasa canggih itu, OPPO Reno3 dibanderol harga Rp5.499.000. Oh ya ada promo baru dengan penawaran bundling OPPO Reno3 & Enco Free dan kamu bisa dapatkan tambahan diskon sebesar Rp300 ribu.

Kehadiran OPPO bukan sekadar memenuhi kebutuhan kaum urban saja. OPPO ternyata juga ikut memberi perhatian pada para pengguna setianya, dengan memberikan langkah inovatif, dalam upaya melakukan tindakan preventif penyebaran COVID-19.

Ya, melalui kampanye #BetterAtHome OPPO mengajak pada masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah sesuai himbauan pemerintah terkait #PhysicalDistancing. Dalam kampanye #BetterAtHome, OPPO sekaligus menawarkan kemudahan pada pelanggannya, untuk mendapatkan informasi lengkap seputar produk, proses pembelian yang cepat dan aman melalui layanan resmi OPPO Indonesia secara personal.

Terkait wabah virus saat ini, OPPO Melalui #BetterAtHome, mengajak pelanggan dan masyarakat untuk melakukan tindakan preventif bersama dalam menghadapi wabah tersebut. Kehadiran OPPO bukan sekadar memenuhi kebutuhan kaum urban saja. OPPO ternyata juga ikut memberi perhatian pada para pengguna setianya, dengan memberikan langkah inovatif, dalam upaya melakukan tindakan preventif penyebaran COVID-19.

Ya, melalui kampanye #BetterAtHome OPPO mengajak pada masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah sesuai himbauan pemerintah terkait #PhysicalDistancing. Dalam kampanye #BetterAtHome, OPPO sekaligus menawarkan kemudahan pada pelanggannya, untuk mendapatkan informasi lengkap seputar produk, proses pembelian yang cepat dan aman melalui layanan resmi OPPO Indonesia secara personal.

Caranya dengan menghubungi Official WhatsApp OPPO Indonesia, lalu kamu bisa menanyakan informasi seputar produk favorit secara personal. Kemudian memilih opsi pengiriman dan pembayaran, dan kamu tinggal menunggu produk diantarkan ke rumah secara gratis. Yuk lakukan segala aktivitas dengan lebih baik dari rumah bersama #BetterAtHome!