Macam pisang yang berbeda tentu juga akan mempengaruhi tekstur serta cara pengolahannya. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia, keberadaannya pun sangat mudah ditemui. Diketahui buah pisang terbagi menjadi sebanyak 246 jenis.
cewek makan pisang
Memiliki rasa yang nikmat, maka tak heran jika pisang kerapkali diolah menjadi varian kudapan. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh antara lain seperti mineral, karbohidrat, potasium, magnesium, vitamin B6, vitamin C dan masih banyak lagi. Berkat kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya, membuat buah ini mampu menangkal radikal bebas dan ampuh menurunkan darah tinggi pada manusia.

Keistimewaan lainnya dari buah pisang yakni tidak hanya buahnya saja yang bisa Anda konsumsi, mulai dari batang, pohon, kulit, hingga bunga serta daunnya juga dapat dikonsumsi. Banyaknya jenis pisang terkadang membuat Anda merasa bingung dan kesulitan untuk memilihnya. Dirangkum melalui berbagai sumber berikut adalah macam pisang yang populer di Indonesia beserta cara mengolahnya.

Pisang Ambon

Pisang Ambon merupakan salah satu macam pisang yang kerapkali dijumpai di Indonesia. Pisang ambon ini sangat banyak dijual di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Memiliki tekstur kulit halus berwarna hijau atau kuning merupakan ciri-ciri dari pisang Ambon dan juga memiliki daging buah dengan rasa manis serta tak berbiji. Pisang Ambon ini nikmat jika dimakan secara langsung, akan tetapi pisang jenis ini kerap digunakan sebagai bahan baku membuat kue, salah satunya adalah banana bread.

Pisang Varigata

Pisang Verigata kerapkali disebut mirip dengan mentimun. Pisang jenis ini memiliki rasa cenderung hampir sama dengan pisang berlin, sehingga sangat cocok untuk dihidangkan di atas meja sebagai kudapan. Bukan hanya dagingnya saja yang dapat dikonsumsi, ternyata kulit pisang jenis Varigata ini dapat dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa pahit sedikitpun di lidah Anda.

Pisang Kepok

Kemudian salah satu macam pisang yang juga sangat populer di Indonesia adalah pisang kepok. Jenis pisang ini sebenarnya bukan berasal dari Tanah Air, melainkan dari Filipina lho. Pisang kepok kuning dan putih merupakan jenis yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Cara mengolah pisang kepok ini juga sangat sederhana, cukup dengan merebusnya maka rasanya akan menjadi sangat manis, kemudian Anda juga dapat mengolahnya dengan cari lain yakni dengan menjadikannya kudapan keripik pisang renyah.

Pisang Seribu

Nah bagi Anda penggemar buah yang satu ini, tentu sudah tidak akan asing dengan pisang raja seribu. Macam pisang ini adalah yang paling banyak diminati lantaran memiliki rasa khas harum dan juga legit. Umumnya ketika dalam kondisi mentah, warna dari kulit pisang ini hijau, dan akan menguning apabila sudah masak.

Macam pisang seribu raja ini dapat langsung Anda konsumsi serta diolah menjadi beragam kudapan lho. Salah satunya dengan menjadikannya sale pisang, tak hanya memiliki rasa legit, pisang ini tergolong unik karena dalam satu tandannya bisa terisi dengan pisang sebanyak seribu.

Pisang Genderuwo

Selanjutnya ada pisang Genderuwo, sebenarnya pisang ini sedikit susah dan jarang ditemui di pasaran. Bentuk dari macam pisang Genderuwo ini sangat unik, dengan batang berwarna merah gelap serta ukuran dari buahnya yang merah kehitaman. Akibat dari warna serta bentuknya yang unik itulah pisang ini diberi nama pisang Genderuwo. Diketahui, pisang ini berasal dari kota Yogyakarta, Indonesia.

Pisang Mas

Macam pisang yang populer di Indonesia selanjutnya adalah jenis pisang Mas. Pisang ini sangat cocok sekali dijadikan untuk bahan campuran dalam membuat kue atau kudapan lain, bahkan dengan hanya mencelupkan pisang ini ke cokelat yang sudah dilelehkan saja rasanya sudah sangat nikmat.

Diketahui, ukuran pisang Mas ini memang lebih kecil, akan tetapi untuk tekstur dari daging buahnya sendiri hampir sama dengan pisang Ambon. Kelembutan daging dan rasa manis dari pisang Mas membuatnya juga kerapkali mencuri perhatian masyarakat penyuka pisang.

Pisang Cavendish

Berikutnya adapula pisang yang berasal dari Amerika dan cukup populer di Indonesi. Macam pisang ini adalah pisang Cavendish. Ukurannya yang cukup besar dan bertekstur empuk serta padat membuat Anda yang mengonsinya akan merasa kenyang.

Nah bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet, jenis pisang Cavendish ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Jika tak ingin memakannya secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara lain seperti dibuat smoothies ataupun kue.

Pisang Susu

Adapun macam pisang selanjutnya yakni pisang susu, memang jenis ini memiliki bentuk yang kecil jika dibandingkan dengan pisang pada umumnya. Pisang susu memiliki kulit dengan berhiaskan bintik kehitaman, namun ia memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan manis.

Pisang ini dapat Anda nikmati dengan cara langsung memakannya. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan pisang ini sebagai bahan campuran ataupun isian pada roti maupun kue lainnya.

Pisang Nangka

Berikutnya ada macam pisang bernama pisang Nangka. Meski sudah dalam kondis matang biasanya bagian kulit pisang Nangka ini tetap berwarna hijau. Rasa serta aromanya yang khas mampu membuat pisang ini menjadi idaman banyak orang. Tekstur dagingnya pun cukup padat, nah untuk mengolahnya Anda bisa menjadikan jenis pisang Nangka ini kudapan atau camilan seperti kripik, isian kue tradisional, atau bahkan gorengan.